BREAKING

Senin, 10 November 2014

Menstruasi tak teratur hingga masa remaja bisa disebut gejala PCOS



(Foto: Istimewa)Wanita mengalami stres akhibat menstruasi yang tidak teratur


Azka Trimbell: Menstruasi terhadap wanita biasa terjadi secara normal setiap bulan sekali. Namun, siklus menstruasi pada anak menginjak usia remaja sering mengalami siklus yang kurang teratur. Jika siklus kurang teratur ini terjadi dimasa remaja hingga dewasa, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis. Kondisi demikian dapat disebut sebagai wanita mengalami Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS).

Bagi wanita yang mengalami masalah PCOS tersebut dapat beresiko tinggi terhadap hipertensi, koleterol tinggi, hingga kanker endometrium. Sehingga, mereka lebih cenderung resisten pada insulin sehingga rentan terkena diabetes. tanda yang bisa dilihat misalnya penambahan berat badan, pertumbuhan rambut di tubuh dan wajah, penipisan rambut kepala, berjerawat dan kemandulan.

Gejala ini diketahui banyak remaja wanita, dengan mulai mengenal masa stres sampai bisa mengalami sindrom. Karena, PCOS dapat dideteksi sejak masa usia dini dan remaja. Dikutip Times of India, PCOS merupakan kelainan endokrin yang ditandai dengan meningkatnya hormon pria (androgen) di dalam tubuh. Ini akan mengganggu pertumbuhan dan pelepasan sel telur dari ovarium. Akibatnya ovulasi tidak terjadi dan menstruasi menjadi kurang teratur.

Suzanne Kavic, MD, division director Reproductive Endocrinology di Loyola University Health System, mengatakan, PCOS dapat disembuhkan dengan kombinasi dari olah raga, diet yang dimodifikasi, dan memberikan obat terkait.

Hal itu, untuk ,mendeteksi secara dini dan penanganannya dapat dikonsultasikan dengan dokter spesialis, jika terjadi kasus menstruasi yang tidak teratur, dan jangan disimpan sebagai masalah pribadi, agar tetap terjaga kesehatan anda.
Sumber : www.lensaindonesia.com

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 AZKA TRIMBELL
Design by FBTemplates | BTT